Djarot Sampaikan Duka dan Keprihatinan Musibah Tenggelamnya KM Sinar Bangun

djarot saiful hidayat

topmetro.news – Djarot Saiful Hidayat turut prihatin atas musibah kapal motor (KM) Sinar Bangun yang karam di Perairan Danau Toba. Djarot juga menyampaikan dukacita yang mendalam jatuhnya korban jiwa.

“Mari berdoa semoga para keluarga korban diberikan ketabahan atas musibah ini,” ucap Djarot.

Djarot Saiful Hidayat menyampaikan hal itu saat menghadiri acara Halalbihalal bersama para petani Nusantara di Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (19/6/2018).

Musibah ini sekaligus mengingatkan kepada para penyedia jasa transportasi supaya memerhatikan kondisi armadanya, mengutamakan keselamatan penumpang. “Bagaimana pun keselamatan adalah yang utama,” tegas Djarot.

Kepada masyarakat yang ingin melanjutkan halalbihalal bersama saudara-saudara, yang ingin kembali ke rumah masing-masing setelah mudik Lebaran, juga ingin bertamasya dengan keluarga supaya tetap berhati-hati di jalan. “Jangan ngebut. Supaya selamat-selamat semua,” pesan Djarot Saiful Hidayat.

Dirikan Posko

Saat ini di Pelabuhan Penyeberangan Simanindo Samosir telah didirikan Posko Disaster Victim Identification (DVI) dipimpin Kabid Dokkes Polda Sumut Kombes dr Sahat Harianja dan Karumkit Bhayangkara Tingkat II Medan dr A Nyoman Purnama Wirawan DFM SpF serta tim.

Pukul 11.50 WIB Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon didampingi Kabid Dokkes Polda Sumut Kombes Pol dr Sahat Harianja menyampaikan imbauan kepada seluruh pihak terutama keluarga korban agar tetap tenang dan berdoa, serta menyampaikan bahwa pencarian tetap dilakukan. Direncanakan tim penyelam dari TNI AL akan tiba untuk melakukan pencarian korban yang hilang.

Pukul 12.15 WIB, Plh Gubsu Dr Ir Hj Sabrina MSi, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon, Bupati Simalungun JR Saragih, Kabid Dokkes Polda Sumut Kombes Pol dr Sahat Harianja, Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat SH SIK, Parlindungan Purba (anggota DPD RI), serta mantan Wagubsu Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH menjenguk korban selamat di Puskesmas Simarmata Simanindo Samosir.

Di Pelabuhan Simanindo telah didirikan dapur umum oleh Dinas Sosial Samosir untuk menerima sumbangan dalam bentuk barang/bahan makanan dan uang. Juga didirikan posko kesehatan oleh Dinas Kesehatan Samosir dan Posko Bara JP (Relawan Djoss).

Simpang Siur

Disebutkan, bahwa sampai saat ini, jumlah data korban yang valid masih belum dapat dipastikan. Tidak adanya daftar manifest penumpang KM Sinar Bangun menjadi kendala dalam menentukan jumlah penumpang yang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut.

Diperkirakan bahwa pihak keluarga korban akan terus bertambah untuk menyampaikan laporannya ke Posko DVI Propsu. Selain itu, kondisi cuaca dan ombak menjadi kendala dalam pencarian para korban yang hilang.

Terakhir beredar informasi, bahwa ada 128 orang yang dilaporkan hilang dalam musibah itu. (TM-ERRIS)

Related posts

Leave a Comment